03 September 2016

author photo
Mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan sangat penting bagi manusia. Kondisi mata yang baik adalah impian setiap orang. Kita terlahir dengan mata normal, tapi seiring bertambahnya usia dan berbagai aktivitas yang kita jalani, kita mulai terserang ganguan mata seperti mata minus dan cepat lelah.

Mata minus dan gangguan mata lainnnya ini bisa disebabkan karena kamu terlalu lama berada di depan layar komputer. Ini disebabkan karena radiasi gelombang elektromagnetik komputer. Selain mata lelah, gelombang radiasi dari komputer juga bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur, mata kering, hingga sakit leher dan bahu.

Terus kalau kerjaan kamu seharian harus ada di depan komputer gimana dong? Nah, agar mata kamu terlindungi dari radiasi komputer, ada 10 hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Jangan terlalu lama menghadap komputer


Mata kita bukanlah mesin yang bisa bekerja selama berjam-jam dalam waktu yang panjang. Mata kita terdiri dari sel-sel yang kompleks, oleh karena itu kita harus memberi mata waktu untuk beristirahat. Setidaknya setelah satu jam menatap layar komputer, berikan waktu 10 menit untuk mata beristirahat.

Selama 10 menit itu jangan menatap layar komputer, tetapi tataplah lingkungan sekitar atau jika ada jendela, tengoklah tanaman di luar jendela. Hal ini membantu mata agar tidak mengalami kerusakan.

2. Gunakan filter


Salah satu cara termudah untuk kamu melindungi mata dari radiasi adalah dengan menggunakan pelindung layar atau biasa disebut filter. Filter ini membantu mengurangi gelombang radiasi dari layar komputer yang masuk ke mata.

3. Jaga jarak pandang mata dengan layar komputer


Saat menatap layar komputer, jangan terlalu dekat karena jarak yang terlalu dekat tidak hanya akan merusak mata kamu tetapi juga bisa membuat leher tegang, dan punggung menjadi kaku. Jarak yang aman antara layar komputer dengan mata adalah antara 45 sampai 60 cm.

Kalau kamu merasa tulisan dilayar terlalu kecil sebaiknya gunakan opsi zoom in untuk memperbesar tampilan, jangan malah mendekatkan mata kamu dengan layar untuk melihat tulisan yang lebih jelas.

4. Menyesuaikan posisi layar dengan mata


Saat bekerja di hadapan layar komputer, usahakan untuk menyesuaikan layar komputer dengan jarak pandang mata, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jika layar terlalu tinggi, asupan udara yang masuk ke otak akan terganggu. Begitu juga sebaliknya, jika layar terlalu rendah akan menyebabkan nyeri pada leher. Jadi, sebaiknya kamu memposisikan layar monitor sejajar dengan mata atau menempatkannya dalam posisi 16-30 inci dari mata tergantung dari ukuran layar.

5. Menyesuaikan pencahayaan layar dengan mata


Pengaturan pencahayaan yang sesuai dengan mata sangatlah penting, karena pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang tidak baik bagi kesehatan mata.

Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu redup dapat membuat mata bekerja lebih keras untuk bisa melihat. Hal ini juga bisa membuat mata cepat lelah.

6. Mengedipkan mata


Ternyata mengedipkan mata itu juga memiliki manfaat tersendiri loh untuk mata kita. Malas mengedipkan mata membuat mata menjadi kering sehingga mata kurang asupan cairan. Dengan berkedip, maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan mata. Air mata ini akan membuat mata tetap lembab dan penghilatan selalu jernih.

7. Mengkonsumsi banyak Vitamin A


Vitamin A adalah vitamin yang akan membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi wortel. Kalau kamu nggak suka makan wortel mentah, bisa dengan mencoba minum jus dengan kombinasi wortel dan tomat.

Alternatif lain adalah dengan mencoba menjadikan wortel sebagai salah satu bahan campuran untuk raw salad. Raw salad ini bisa kamu buat dengan bahan daun selada, wortel, bawang bombay, timun, tomat, dan wortel kemudian tambahkan sedikit olive oil sebagai saus salad.

8. Gunakan Light Emitting Diode atau LED Monitor


Komputer dengan monitor LED memiliki teknologi yang lebih modern, di mana monitor ini hanya memerlukan listrik dalam jumlah yang lebih kecil dan juga menghasilkan radiasi yang lebih kecil pula.

9. Memakai kacamata anti radiasi khusus untuk komputer


Menurut ahli optometrist, Dr. Jay Schlanger saat ini ada perusahaan yang merancang lensa khusus untuk digunakan bekerja di depan layar komputer. Lensa ini terbagi menadi dua bagian, yaitu bagian atas khusus untuk bekerja di depan layar komputer, dan bagian bawah untuk membaca.

10. Meletakkan tanaman di dekat komputer


Selain melindungi mata atau menggunakan pelindung layar untuk mengurangi radiasi, ternyata meletakkan tanaman di meja dekat dengan layar komputer juga bisa membantu mengurangi radiasi komputer. Misalkan dengan meletakkan beberapa kaktus di dekat komputer, akan membantu menyerap beberapa radiasi berbahaya yang masuk ke mata kamu.

Source anekatop10.com (berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga