12 September 2016

author photo
Menyandang predikat jenius artinya seseorang pasti lebih dari sekedar pintar. Jenius menunjuk pada IQ tinggi yang tidak umum dimiliki orang lain. Dan dari begitu banyaknya orang jenius di seluruh dunia, terangkum 10 manusia paling jenius sepanjang masa. 

Siapakah mereka yang cemerlang ini? Berikut uraiannya:

1. William James Sidis


Ternyata bukan Einstein yang menduduki peringkat pertama, William James Sidis warga negara Amerika Serikat ini memiliki IQ lebih dari 250. Dia dikenal dengan kemampuan matematikanya yang luar biasa. Bahkan pada usia 6 tahun, ia sudah bersekolah di sekolah tata bahasa dan menyelesaikannya hanya dalam waktu 7 bulan. Pada usia 11 tahun, ia menjadi mahasiswa termuda di Universitas Harvard.

Selama hidupnya Sidis menguasai lebih dari 200 bahasa di dunia karena berhasil menghafal 1 bahasa secara keseluruhan dalam 1 hari saja. Namun sayangnya kepintarannya ini membuatnya gila. Ia pun tak memiliki teman apalagi pacar. Karena tertekan dengan dirinya sendiri, ia meninggalkan keluarganya dan hidup mengasingkan diri hingga meninggal di usia 46 tahun, dalam keadaan menganggur dan sangat miskin.

2. Terence Tao


Dikenal sebagai matematikawan asal Australia, Terence Tao memang memiliki IQ yang luar biasa yaitu mencapai 230. Tak heran jika dia berpredikat sebagai profesor termuda di UCLA. Tao berhasil mencapai gelar sarjana serta gelar master di usia 16 tahun dan memperoleh gelar doktor di usia 20 tahun. Tao juga dinobatkan sebagai pemenang termuda dengan tiga penghargaan sekaligus dalam olimpiade ilmu pengetahuan.

3. Christopher Hirata


Salah satu dari 10 manusia paling jenius sepanjang masa berikutnya adalah Christopher Hirata. Anak ajaib ini memiliki IQ fenomenal sekitar 225. Kejeniusannya berhasil membuatnya menyelesaikan pendidikan tingkat perguruan tinggi di usia 12 tahun. Hirata juga bekerja di badan NASA pada usia 16 tahun dalam misinya menaklukkan mars. Pada usia 22 tahun, ia pun memperoleh gelar Ph.D di Universitas Princeton. Saat ini, ia mengajar astrofisika di California Institute of Technology.

4. Kim Um-Yong


Pria berkebangsaan Korea ini memang pantas disebut anak ajaib. Bayangkan saja, pada usia 6 bulan ia mampu berbicara dan memahami bahasa Korea dan beberapa bahasa lainnya. Pada usia 3 tahun, ia dapat membaca dan menulis dalam empat bahasa yaitu Inggris, Jerman, Jepang dan Korea. 

Menginjak usia 7 tahun, Kim mendapat perhatian luar biasa dari badan NASA dan diundang ke Amerika Serikat. Di usia 14 tahun, ia mampu menyelesaikan soal kalkulus rumit yang disiarkan langsung di TV Jepang dan mendapatkan rekor dunia dalam Guinness Book of World Record. Kim menyelesaikan gelar Professor Ph.D di Colorado University sebelum usia 16 tahun. Dan mendapatkan gelar Doktor di bidang teknik Sipil ketika kembali ke Korea. Saat ini Kim bekerja untuk NASA.

5. Rick Rosner


Pria berbakat dengan IQ luar biasa adalah Rick Rosner. Memiliki IQ 192, Richard Rosner adalah produser televisi Amerika yang terkenal dengan serial acara televisi fenomenalnya yaitu CHiPs. Rosner pun kemudian berhasil mengembangkan televisi satelit portabel dalam kerjasama bisnisnya dengan DirecTV.

6. Garry Kasparov


Masih ingat dengan legenda catur dunia ini? Siapa lagi kalau bukan Garry Kasparov. Ternyata selain mahir bermain catur, Kasparov juga pemilik IQ luar biasa yaitu lebih dari 190. Kemahirannya bermain catur membawanya sukses menyandang predikat pemain catur terbesar sepanjang masa. 

Jelas saja, karena dari tahun 1986 hingga pensiun di tahun 2005, Kasparov selalu menduduki peringat no. 1 catur dunia. Pada usia 22 tahun yaitu tahun 1985, Kasparov menjuarai catur dunia dengan menaklukkan sang juara bertahan Anatoly Karpov.

7. Leonardo Da Vinci


Seorang pelukis asal Italia yang namanya terkenal sepanjang masa ini memiliki IQ 180. Meski berasal dari Itali, namun Da Vinci banyak menghabiskan masa hidupnya di Perancis. Lukisan fenomenalnya yang luar biasa adalah lukisan Monalisa, yang dikagumi karena senyum misteriusnya.

8. Judit Polgar


Wanita kelahiran Hungaria ini adalah atlet catur tangguh. Selain tangguh dalam bermain catur, Judit Polgar juga menyandang wanita jenius dengan IQ luar biasanya yaitu 170. Polgar berhasil mencapai gelar 


Grandmaster catur di usia 15 tahun. Kehebatannya ini jelas terbukti dengan keberhasilannya mengalahkan sembilan mantan pecatur dunia termasuk Garry Kasparov, Anatoly Karpov dan Boris Spassky. Keren!

9. Albert Einstein


Manusia paling jenius yang namanya dikenal sepanjang masa adalah Albert Einstein. Si penemu teori relativitas ini memiliki IQ 160. Setiap kecerdasan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan selalu dikaitkan dengan kecerdasan Einstein. Hal ini tidak mengherankan karena Einstein memberikan sumbangan besar dalam ilmu pengetahuan dunia. Bahkan setelah kematiannya, beberapa ilmuwan memutuskan untuk membedah otaknya agar menemukan petunjuk atas kecerdasannya yang luar biasa tersebut.

10. Stephen Hawking


Stephen Hawking memiliki IQ 160 setara dengan Einstein. Penemu teori lubang hitam ini dianggap sebagai ahli sains, ahli kosmologi, teoritis fisikawan yang tak pernah gagal mengejutkan semua orang dengan temuan-temuannya. Meski mengalami kelumpuhan, namun kontribusi sains dan kosmologinya benar-benar tak tertandingi karena ia berhasil dengan efektif menggunakan mekanika kuantum dan teori relativitas untuk membuat pengantar kosmologi pada orang-orang di seluruh dunia.

Itulah 10 manusia paling jenius sepanjang masa yang terbukti memiliki tingkat kecerdasan luar biasa. Mungkin saja mereka ini kutu buku atau intelektual tajam, namun yang pasti kecerdasan seperti ini adalah anugerah yang patut disyukuri dan dimanfaatkan untuk kebaikan.

Sumber : serbaunik.net (berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga